Kamis, November 13, 2008

PERINGATAN KEPADA PARA COPAS BLOG INI!!!

Secara tidak sengaja saya mengetikan nama saya sendiri di search engine Google. Dari hasil search itu saya mendapat sebagian tulisan saya ditampilkan pada blog lain. Secara pribadi saya tidak berkeberatan tulisan saya ditampilkan, didistribusikan dan diperbanyak asal bukan untuk kepentingan komersial.

Namun ada beberapa hal yang membuat saya kecewa.

Pertama, sebagian dari mereka-mereka yang mengcopy paste (copas) tulisan di blog ini tidak menyertakan juga nama blog saya dan URL/link ke blog saya. Para copas ini hanya mencantumkan nama saya saja. Saya tidak mengerti pikiran para copas ini. Bukankah mereka mendapatkan tulisan tersebut karena diposting diblog saya. Sudah sepantasnya jika nama blog dan URL blog saya ditampilkan juga.

Kedua, ini yang paling menyakitkan saya. Beberapa postingan saya yang para copas tampilkan sumbernya, tidak mencantumkan nama blog saya sebagai sumbernya. Apa mereka pikir, itu hasil copas juga. Sebagai contoh adalah postingan berjudul Apa itu tender kolusif (Bid Rigging). Para copas hanya menampilkan sumbernya saja yaitu : Buku “ Persaingan dan Ekonomi Pasar Di Indonesia” karangan Rainer Adam, Samuel Siahaan dan AM Tri Anggraeni. Nama blog saya tidak ditampilkan. Walau itu bukan sepenuhnya karya saya, tetapi sebelum tulisan ini jadi, terlebih dahulu ada “proses kreatif” yang saya lakukan yaitu membaca buku itu sampai habis, lalu saya pilah-pilah bab mana yang menarik dan terakhir saya memilih topik mana yang akan saya tampilkan dan terakhir saya ringkas. Yang dilupakan para copas tersebut adalah “proses kreatif” yang saya lakukan sebelum tulisan tersebut diposting.

Saya ingin katakan juga kepada para pembaca blog, postingan yang saya tandai dan masukan dalam kategori “my articles” dibagian bawah setiap postingan saya adalah murni pikiran dan tulisan saya (tentu berbagai referensi saya tampilkan). Jika anda para copas tidak mencantumkan nama saya maka untuk postingan yang ditandai "my articles" maka anda melakukan plagiat. Jika nanti terbukti digunakan untuk kepentingan komersial, saya tidak segan-segan untuk melakukan tindakan hukum.

Ketiga, mengenai resensi buku “Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif” yang dibuat teman saya (Alex Marwata). Dengan gampangnya mereka mencantumkan postingan itu tanpa mencantumkan nama blog ini. Agar pembaca blog tahu, saya saja harus minta izin kepada teman saya itu agar diperbolehkan resensinya dicantumkan ke dalam blog saya. Hal ini saya lakukan, karena saya dapat menghemat waktu dan saya tidak perlu bersusah payah me-resensi sendiri buku tersebut. Bukannya sombong, saya mampu merensensi buku tersebut. Para pembaca blog juga perlu tahu, sampai saat ini ada satu lagi tulisan teman saya tentang kejahatan perpajakan belum dapat ditampilkan diblog saya. Ini perlu saya katakan kepada para copas yang tidak mencantumkan nama blog dan URL blog saya bahwa tidak sembarangan tulisan teman saya itu bisa ditampilkan.

Keempat, beberapa copas memang mencantumkan secara lengkap nama saya, nama blog dan URL blog saya. Namun sayangnya, URL-nya (mode off) sehingga tidak bisa langsung di klik. Setidaknya karena telah mendapatkan gratis tulisan saya, URL itu dipasang hidup (mode on) sehingga bisa langsung diklik. Kata Mas Cosa, ini diperhitungkan oleh Google dalam menghitung page rank. Dengan demikian ada timbal balik. Para copas dapat gratis setiap tulisan, setidaknya membantu menaikan page rank blog ini dengan menampilkan URL-nya hidup (mode on) sehingga bisa langsung diklik.

Apa efek perilaku copas bagi blog ini?

Setiap tulisan yang diposting diblog saya membutuhkan waktu dan biaya. Waktu untuk berpikir, merenungkan, mengkaji, menghubungkan benang merah ide-ide yang ada sehingga terangkumlah dalam satu tulisan utuh. Biaya yang saya keluarkan adalah membeli buku-buku/majalah dengan topik tulisan tersebut, biaya koneksi internet untuk surfing ke situs-situs asosiasi profesi, universitas atau jurnal internasional. Tindakan para copas yang tidak mencantumkan secara lengkap itu sama saja tidak menghargai apa yang saya lakukan. Sebenarnya sebagian tulisan saya (mungkin) layak diterbitkan di media cetak, namun untuk memenuhi jadwal update blog ini secara teratur saya rela terlebih dahulu memberikannya gratis kepada para pembaca blog.

Ada pepatah “karena nila setitik rusak susu sebelanga” akibat perbuatan segelintir orang/para copas seluruh pembaca blog akan terkena. Sekarang ini saya tidak segera menampilkan tulisan-tulisan yang saya rasa layak diterbitkan oleh media cetak. Saya akan mengirimkan terlebih dulu semua tulisan saya ke beberapa media cetak. Tentu jadwal update jadi tidak teratur . Maaf, itu terpaksa saya lakukan karena tidak ingin karya saya diperlakukan seenaknya saja oleh para copas yang tidak bertanggung jawab. Namun jangan beranggapan jika tidak dimuat di media kemudian diposting di blog ini berarti tulisannya tidak bagus. Saya membuat semua tulisan dengan tujuan para pembaca blog bisa mendapatkan manfaatnya.

Kepada para copas hentikan kelakukan anda yang tidak bertanggung jawab. Jika ingin meng-copas setiap tulisan diblog ini, harus mencantumkan secara lengkap nama penulis, nama blog dan URL blog ini. Seperti berikut ini :

Oleh :
Johanes Wardy Sitinjak
The Tracer (http://signnet.blogspot.com/).

Jika membandel, saya akan laporkan kepada google, wordpress atau yang lain agar blog/websitenya untuk dibanned karena melakukan plagiat. Atau saya tampilkan siapa saja para copas yang tidak bertanggung jawab ini di blog saya.

Tidak ada komentar: